Ingin Berwisata ke Nusa Penida? Ini Tipsnya


Suara.com – Nusa Penida merupakan pulau yang teletak di bagian timur pulau Bali. Pulau yang masih bagian dari kawasan Bali ini menyajikan pesona alam yang begitu indah dan masih jarang disentuh orang.

Tak heran bila Nusa Penida menjadi salah satu tujuan objek wisata di Bali. Nama-nama wisata yang terkenal di antaranya: Volcom Beach, Angel’s Billabong, Pantai Kelingking, Raja Lima Bukit Atuh, Pasih Uug, Crystal Bay, Pantai Suwehan, Telletubies Hill dan lainnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mencapai Nusa Penida? Untuk bisa menyebrang ke Nusa Penida kini sangat mudah.

Untuk bisa mencapai Nusa Penida, kita harus menyeberang melalui Pelabuhan Sanur. Ada sekitar 19 operator penyedia kapal cepat yang melayani penyeberangan ke Nusa Penida.

Untuk penyeberangan biasanya dibagi dalam tiga waktu, yakni pukul 08.00 Wita, 10.45 Wita dan 15.00 Wita. Sedangkan untuk biaya penyebrangan sekali jalan dipasang harga Rp 75 ribu untuk turis lokal dan Rp 150 ribu untuk wisatawan asing.

“Saya sarankan, minimal dua hari sebelumnya sudah booking untuk tiket penyebrangan. Kadang kalau lagi musik liburan, banyak yang nggak kedapatan tiket,” kata Putu Reza, pemandu wisata dalam acara “Media Trip Jelajahi Indonesiamu bersama Pegipegi”, akhir pekan lalu.

Sejumlah wisatawan membeli tiket penyebrangan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur. (Ferry Novianid/Suara.com)

Kapal-kapal itu sendiri memiliki kapasitas penumpang yang berbeda-beda. Ada yang bisa menampung 80, 100, hingga 120 penumpang.

“Waktu penyebrangannya sekitar 30 sampai 40 menit untuk sampai ke Dermaga Banjar Nyuh, Nusa Penida,” terang Putu Reza.

Sekadar informasi, para operator kapal tidak mewajibkan penumpangnya untuk membeli tiket kapal pergi dan pulang. Para penumpang bisa membeli tiket hanya untuk keberangkatan. Hal itu biasanya dilakukan para wisatawan yang ingin berwisata lebih dari sehari di Nusa Penida.

“Tapi kebanyakan, wisatan yang ke Nusa Penida hanya melakukan one day trip,” ujar Putu Reza.

Sesampainya di Dermaga Banjar Nyuh, Nusa Penida kita akan disambut oleh para penyedia jasa transportasi berupa mobil dan sepedamotor. Untuk sewa mobil selama 12 jam biasanya seharga Rp 500.000 sampai Rp 800.000 sudah termasuk sopir dan bensin. Sedangkan untuk sepedamotor mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 75 ribu selama 12 jam.

Suasana Pelabuhan Sanur. (Ferry Noviandi/Suara.com)

“Soal sewa kendaraan, saya juga menyarankan untuk di-booking beberapa hari sebelumnya. Karena kalau mendadak, terkadang kendaraannya sulit didapatkan. Kalau pun ada, harganya jadi lebih mahal,” ungkap Putu Reza.

Bagi wisatawan yang ingin meningap di Nusa Penida, cukup banyak tersedia penginapan dengan variasi harga. Biasanya, penginapan tanpa penyejuk udara tersedia dari harga Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Sedangkan yang memiliki pendingin ruangan biasanya dimulai dengan harga Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu.

Ingin berwisata ke Nusa Penida? Yuk cari informasi sewa hotel dan penerbangannya di Pegipegi.com.

Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2018/11/15/070300/ingin-berwisata-ke-nusa-penida-ini-tipsnya



Sumber :RiauBarometer

Leave a comment