Tips Sehat : 10 Manfaat Sari Lemon Ini Jarang Diketahui

10 Manfaat Sari Lemon Ini Jarang Diketahui

Lemon merupakan salah satu varian buah yang masih satu keluarga dengan jeruk, sehingga tak heran bila rasanya maupun bentuknya tak jauh berbeda dengan jeruk. Yang membedakannya ialah lemon memiliki rasa asam yang lebih kuat, sehingga jarang yang mau mengonsumsinya secara langsung.

Nah, umumnya bagian lemon yang dikonsumsi adalah air perasan atau sarinya. Kegunaan sari lemon  sendiri biasanya digunakan untuk membuat minuman atau sebagai penyedap masakan.

10 Manfaat Sari Lemon Ini Jarang Diketahui

Tahukah Anda, di balik rasa asam sari lemon, ternyata tersimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Apa manfaat sari lemon untuk kesehatan? Sebelum Anda mengetahui lebih lanjut tentang manfaat sari lemon, kenali dulu beberapa kandungan nutrisi di dalamnya. Adapun dalam 108 gram sari lemon, ternyata memiliki nutrisi berikut ini:

Kalori

  • Kalori 21,6 gram
  • Karbohidrat 11,5 gram
  • Serat makanan 5,1 gram
  • Protein 1,3 gram.

Vitamin

  • Vitamin A 32,34 IU
  • Vitamin C 83,2 mg
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Retinol 2,2 mg
  • Niasin 0,2 mg
  • Asam pentotenat 0,3 mg.

Mineral

  • Kalsium 65,9 mg
  • Magnesium 12 mg
  • Kalium 157 mg
  • Sodium 3,2 mg
  • Tembaga 0,3 mg
  • Besi 0,8 mg.

Dengan berbagai kandungan penting tersebut, tak heran jika sari lemon memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Apa saja manfaat sari lemon untuk kesehatan? Berikut 10 Manfaat Sari Lemon Ini Jarang Diketahui;

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, maka sari lemon bisa dimanfaatkan untuk mengobatinya. Hal ini karena, kandungan kalium di dalamnya, mampu berperan aktif mengontrol tekanan darah.

Lebih dari itu, kalium ini juga mampu mengurangi pusing, mual dan tidak enak badan. Bahkan sebuah penelitian membuktikan, bahwa manfaat sari lemon lainnya adalah untuk mengurangi stress mental serta masalah depresi.

  1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Untuk mengatasi radang tenggorokan atau batuk, umumnya seseorang hanya mengenal jahe saja. Namun setelah diteliti lebih lanjut, ternyata sari lemon juga mampu secara efektif  mengatasi penyakit tonsillitis (tenggorokan).

Cara memanfaatkan sari lemon untuk meredakan sakit tenggorokan yakni cukup dengan mencampurkan sari lemon dengan air hangat. Kemudian minum secara langsung, atau bisa digunakan untuk berkumur saja.

  1. Menghentikan Pendarahan Internal

Manfaat sari lemon lainnya yang tak kalah penting adalah menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Hal ini karena, sari lemon memiliki kandungan antiseptik yang berperan aktif dalam menghentikan pendarahan internal. Contoh penggunaannya, misalnya untuk mengatasi pendarahan hidung, maka celupkan kapas kecil pada sari lemon, kemudian letakkan di dalam hidung hingga pendarahan berhenti.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Sering kali orang merasa tak percaya diri karena bau mulut. Bahkan hanya dengan menggosok gigi saja terkadang bau mulut tidak hilang. Sebenarnya, bau mulut disebabkan sendiri disebabkan adanya bakteri di dalam mulut. Dimana bakteri ini akan secara aktif melakukan pembusukan, sehingga mulut menjadi bau.

Nah, karena sari lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, maka mampu berperan sebagai antiseptik dan antibakteri, yang akan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Lebih dari itu, studi juga membuktikan bahwa sari lemon mampu secara efektif mengatasi masalah mulut lainnya seperti sakit gigi, gusi membengkak, hingga gusi berdarah.

  1. Mendetoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Terkadang orang berpikir bahwa makanan yang dikonsumsi telah baik. Padahal, jika diteliti lebih lanjut, ada beberapa bahan makanan yang mengandung zat berbahaya. Dan zat berbahaya yang terus menerus masuk ke dalam tubuh ini maka akan menumpuk dan akhirnya menjadi racun.

Dengan demikian, sari lemon akan membantu tubuh untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena, sari lemon memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga akan mengubah racun menjadi sisa metabolisme lainnya. Bahkan karena hal tersebut, studi juga mengatakan bahwa sari lemon sangat tepat dijadikan sebagai pembersih darah untuk mengeluarkan racun.

  1. Mencegah Resiko Kanker

Tak hanya akan menghilangkan racun dalam tubuh saja, ternyata manfaat ini juga akan berpengaruh untuk mencegah risiko kanker. Hal in karena, sari lemon akan membentuk 22 senyawa anti kanker di dalam tubuh, bahkan mampu memperlambat pertumbuhan tumor kanker.

Bahkan, jika seseorang mengidap kanker dan telah selesai melakukan kemoterapi, sari lemon ini mampu berperan menghilangkan jejak sisa radiasi kemoterapi serta memurnikan darah.

  1. Sebagai Asupan Vitamin C dalam Tubuh

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Journal 0f The American College of Nutrition pada tahun 2005, menyebutkan bahwa vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh.

Ini artinya adalah, jika asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh semakin banyak, maka mampu membentuk serangkaian reaksi kimia yang akan memecahkan lemak menjadi energi. Sehingga secara tak langsung ini akan berguna untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta menghilangkan lemak dalam tubuh.

  1. Mengatasi Kulit Kering Terutama Pada Tumit dan Lutut

Ternyata, manfaat sari lemon ini tak hanya bisa dirasakan oleh organ bagian dalam saja, namun juga mampu menjaga kesehatan organ luar. Salah satunya adalah mengatasi kulit kering dan bersisik. Ya, vitamin C dalam sari lemon akan membantu melembabkan kulit, dengan cara meregenerasi sel serta menutrisi kulit hingga ke dasar.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, hanya dengan mengoleskan sari lemon secara langsung pada kulit yang kering. Menariknya, jika diaplikasikan pada tumit dan lutut, bukan hanya akan melembabkan, namun juga mampu memutihkan. Hal tersebut karena, vitamin C dalam sari lemon juga berperan aktif mengangkat sel kulit mati.

  1. Mengatasi Ketombe

Apakah Anda baru mendengar sari lemon mampu mengatasi ketombe? Fakta ini mungkin sangat mengejutkan. Namun nyatanya, kandungan vitamin C dalam sari lemon juga mampu menutrisi kulit serta mengangkat ketombe.

Untuk mengaplikasikannya sangat mudah, yakni tambahkan sari lemon dengan sedikit minyak zaitun, kemudian aplikasikan pada rambut. pijat kepala Anda secara perlahan agar  meresap ke kulit kepala. Dimakan selama 15 menit, lalu bilas kepala hingga bersih.

  1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat sari lemon yang sering diketahui adalah melancarkan pencernaan. Dimana sari lemon akan membantu meningkatkan gerakan peristaltik di perut, sehingga akan membantu melancarkan buang air besar.

Di samping hal tersebut, tahukah Anda bahwa hanya dengan BAB saja ternyata tidak menghilangkan kotoran secara menyeluruh pada usus. Dimana jika kotoran ini tidak dikeluarkan atau menumpuk, maka bisa menyebabkan radang usus bahkan kanker.

Dengan demikian, kandungan vitamin C dalam sari lemon tak hanya akan melancarkan pencernaan saja, namun sekaligus akan membersihkan usus dari kotoran yang menempel.

Banyak orang yang mempertanyakan mengapa buah sekecil lemon mampu memberikan kontribusi yang banyak bagi kesehatan, bahkan bisa mencegah kanker. Hal ini karena sari lemon memiliki banyak kelebihan, diantaranya:

  • Lemon dikemas dengan nutrisi yang sangat banyak, sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi tubuh. Apalagi, lemon hanya memiliki kandungan kalori sebesar 29 kcal per 100 gramnya, sehingga sangat tepat untuk menurunkan berat badan.
  • Lemon juga tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali, malahan kandungan vitamin C-nya berperan menghancurkan lemak dalam tubuh.
  • Rasa asam yang diperoleh dari sari lemon karena adanya kandungan asam sitrat. Dimana asam sitrat ini memang sebagai sumber perasa asam. Lebih dari itu, asam sitrat ini juga bisa dijadikan sebagai pengawet alami, serta ampuh menghancurkan batu ginjal.
  • Tak hanya asam sitrat, sari lemon juga memiliki kandungan asam askrobat yang mampu berperan mengobati kudis. Lebih dari itu, kandungan ini juga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi sumber penyakit pada tubuh.
  • Lamon juga memiliki kandungan fitokimia berupa naringin, narigenin dan hespretinin yang berperan sebagai bioaktif untuk kesehatan. Sehingga sari lemon mampu berperan sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas, anti inflamasi, serta modulator sistem kekebalan tubuh. Bahkan zat ini juga terbukti mampu mengurangi cider oksidasi DNA.
  • Selain itu, sari lemon juga mampu menyusun vitamin A serta antioksidan flavonoid ain seperti α, dan β- carotenes, β- cryptoxanthin, lutein serta zeaxanthin. Dimana senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang akan membantu menjaga mukosa dan kulit akan tetap sehat. Terlebih lagi, vitamin A ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.
  • Terakhir, sari lemon mengandung sejumlah mineral seperti potasium, tembaga, dan kalsium. Dimana masing-masing zat tersebut memiliki peran penting dalam tubuh.

Nah, kini Anda sudah memiliki alasan lebih besar bukan mengapa harus lebih sering mengonsumsi sari lemon? Namun sebelumnya, pastikan Anda membeli produk sari lemon yang sudah terpercaya ya.

Sumber : Lemona

Leave a comment