Tips Sehat : Waktu yang Tepat Minum Sari Lemon dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Waktu Yang Tepat Minum Sari Lemon

Manfaat Sari Lemon

Siapa yang tak kenal dengan buah lemon, dengan rasanya yang manis agak kecut sering digunakan sebagai campuran minuman. Dengan rasanya yang menyegarkan tersebut, pernahkah Anda berpikir manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari sari buah tersebut?

Dengan harganya yang cukup terjangkau, lemon memiliki kandungan asam sitrat sekitar 5%, serta diperkaya dengan kandungan vitamin C. Tak hanya itu saja, setelah diteliti lebih lanjut, ternyata sari lemon memiliki kandungan vitamin V, kalsium, magnesium, fosfor, riblovin, protein, serta karbohidrat.

Dengan adanya berbagai kandungan tersebut, dapat dibayangkan apa saja manfaat sari lemon untuk tubuh? Tentu sangat banyak bukan? Nah, jika Anda penasaran apa saja manfaat sari lemon untuk tubuh, simak penjelasan berikut ini:

Manfaat Sari Lemon Untuk Kesehatan

Dengan memiliki berbagai nutrisi penting untuk tubuh, sari lemon memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya yakni:

  1. Baik Untuk Pencernaan

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam lemon, mampu berperan untuk menghancurkan makanan dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam lemon juga akan berperan mendorong makanan yang telah dicerna, untuk dibuang melalui BAB.

Lebih dari itu, sari lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang masih tersisa dalam usus meski telah BAB. Ya, perlu diketahui, bahwa hanya dengan BAB saja, kotoran dalam usus tak serta merta hilang, namun masih ada yang tersisa. Dan jika sisa ini dibiarkan saja, hingga menumpuk dalam jumlah yang banyak, maka akan menyebabkan timbul masalah pencernaan, seperti kanker usus.

  1. Perawatan Gigi

Sari lemon bermanfaat untuk perawatan gigi? Yaps, seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa lemon memiliki kandungan kalium. Dimana kandungan tersebut, akan membantu menjaga kesehatan gigi agar tak mudah keropos atau berlubang.

Lebih dari itu, kandungan vitamin C dalam lemon, juga akan menjaga kesehatan gusi, dengan membantu membunuh bakteri yang bersarang pada gigi dan gusi. Untuk menghasilkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan sari lemon untuk berkumur.

Sebagai tambahan, selain menyehatkan gigi dan gusi, sari lemon juga akan mengatasi bau mulut. Dimana kandungan antioksidannya akan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

  1. Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan

Pernahkah Anda disarankan oleh orang tua untuk minum sari lemon ketika sakit tenggorokan? Jika iya, maka lakukanlah. Hal tersebut karena memang sari lemon sangat ampuh menyembuhkan infeksi tenggorokan. Dimana kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya, akan berperan aktif membunuh virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi tenggorokan.

Selain itu, sari lemon juga bisa digunakan untuk penyembuhan batuk secara alami. Hal tersebut karena, vitamin C dalam sari lemon juga mampu menghilangkan bakteri penyebab batuk, bahkan flu.

  1. Menurunkan Berat Badan

Fakta bahwa salah satu manfaat sari lemon untuk kesehatan adalah menurunkan berat badan, tentunya menggembirakan bagi seseorang yang memiliki kelebihan berat badan. Cara kerja lemon menurunkan berat badan sendiri adalah membakar lemak dalam tubuh dengan kandungan vitamin C-nya.

Selain itu, pembakaran lemak ini nantinya akan menghasilkan energi. Sehingga bagi Anda yang sedang melakukan program diet, sari lemon sangat tepat dijadikan penunjang. Dimana tubuh yang sedang melakukan diet biasanya akan kekurangan energi, sedangkan  lemon mampu menghasilkan cadangan energi untuk tubuh.

  1. Menekan Rasa Lapar

Sebenarnya, manfaat ini masih berkaitan dengan menurunkan berat badan.  Dimana kandungan karbohidrat dalam sari lemon, dapat digunakan sebagai cadangan makanan, sehingga tubuh tidak cepat merasa lapar. Selain itu, kandungan vitamin C dalam lemon, juga akan ikut berperan untuk menghilangkan nafsu makan.

  1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, maka sari lemon bisa menjadi solusinya. Hal ini karena, vitamin C dalam lemon mampu memperlancar aliran darah yang tersumbat, serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, sari lemon juga mampu mengatasi pusing, mual, depresi, serta membantu relaksasi pikiran dan mengurangi stress.

  1. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Studi membuktikan, ternyata sari lemon juga mampu mengatasi gangguan pernafasan seperti asma. Hal tersebut karena, lemon memiliki kandungan asam sitrat yang mampu menghilangkan virus dan bakteri yang menyumbat pernafasan. Lebih dari itu, lemon juga berperan aktif dalam mengatur sirkulasi oksigen yang masuk ke dalam paru-paru.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah studi menyebutkan bahwa sayuran yang mengandung vitamin C, mampu menurunkan  risiko penyakit jantung dan stroke. Nah, sari lemon sendiri memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga mampu berperan aktif dalam memperlancar aliran darah ke jantung, serta mampu menghilangkan kolesterol pada tubuh yang menjadi penyebab sakit jantung.

  1. Membantu Penyerapan Zat Besi

Zat besi diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi dan menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, jika tubuh kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, dan berpengaruh buruk untuk kesehatan.

Nah, jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat, maka sari lemon merupakan asupan nutrisi yang tepat. Hal ini karena, bila Anda mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi, dan diimbangi dengan sari lemon, maka penyerapan zat besi ke dalam tubuh akan semakin maksimal.

  1. Memecahkan Batu Ginjal

Fakta ini mungkin tidak dipercaya oleh sebagian orang. Namun nyatanya, sebuah studi membuktikan asam sitrat pada sari lemon mampu menghancurkan batu ginjal dalam tubuh.  Lebih dari itu, kandungan tersebut juga akan membantu meningkatkan jumlah volume urine dan meningkatkan pH urine, sehingga mampu mencegah risiko terkena batu ginjal.

Manfaat Sari Lemon Untuk Kecantikan Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata sari lemon juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Beberapa diantaranya yakni:

  1. Mencerahkan Wajah

Salah satu penyebab wajah menjadi kusam adalah sel kulit mati. Dimana sel kulit mati sendiri disebabkan oleh polusi, kotoran paparan sinar UV. Nah, dalam hal ini, peran sari lemon adalah menghilangkan radikal bebas yang menjadi penyebab kekusaman kulit dengan kandungan vitamin C-nya.

Lebih dari itu, kandungan antioksidan dalam lemon, juga ikut berperan mengangkat sel kulit mati, dan membantu regenerasi sel kulit baru.

  1. Mengangkat Komedo Membandel

Komedo membandel merupakan sarang munculnya permasalahan wajah. Bagaimana tidak, penumpukan komedo nantinya akan menyebabkan munculnya jerawat, dan jerawat biasanya akan sulit dihilangkan, bahkan kalau pun bisa dihilangkan, pasti akan membekas dalam waktu yang lama.

Nah, bagi Anda yang memiliki komedo membandel, maka hilangkan sekarang juga dengan sari lemon. Dimana kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon, akan berperan aktif menghilangkan komedo dalam wajah.

  1. Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang telah terserang jerawat jangan khawatir sulit untuk dihilangkan. Hal ini karena antioksidan dalam lemon, mampu berperan sebagai antibakteri yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Lebih dari itu, kandungan vitamin C dalam sari lemon juga ikut serta berperan mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tentunya Anda tak ingin mengalami penuaan dini bukan? Nah, sari lemon ini mampu menunda penuaan dini dengan membantu meregenerasi sel kulit baru serta mengangkat sel kulit mati.

  1. Menghilangkan Kerut di Wajah

Kerut di wajah sebenarnya merupakan tanda penuaan dini. Nah, peran sari lemon dalam hal ini adalah kandungan vitamin C dan antioksidannya akan masuk ke dasar kulit dengan menutrisi, sehingga nantinya garis-garis halus pada wajah akan memudar.

  1. Menghilangkan Flek Hitam

Salah satu permasalahan kulit yang sering muncul adalah flek hitam. Dimana flek hitam sendiri muncul akibat adanya penumpukan sel kulit mati. Nah, dalam hal ini peran sari lemon adalah mengangkat sel kulit mati dengan kandungan antioksidannya.

  1. Melembabkan Kulit

Memiliki masalah kulit kering dan bersisik? Maka sari lemon merupakan pilihan yang tepat. Dengan kandungan antioksidannya, sari lemon mampu menutrisi kulit hingga ke dasarnya. Selain itu kandungan vitamin C dalam  sari lemon juga akan membantu mengatur pH kulit, sehingga kulit akan selalu lembab.

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Dengan memiliki manfaat mengatasi kulit kering, bukan berarti sari lemon tak mampu mengatasi kulit berminyak. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam lemon memang mampu menghilangkan berlebih. Sama halnya jika diterapkan dalam tubuh, vitamin C sari lemon ini akan menghancurkan lemak dalam tubuh.

  1. Membersihkan Wajah

Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya permasalahan wajah adalah kurangnya kebersihan. Dimana jika terdapat tumpukan kotoran pada wajah, maka akan menyumbat pori-pori, hingga akhirnya akan menyebabkan munculnya komedo, bahkan jerawat. Dengan demikian, maka sari lemon dapat dijadikan sebagai toner atau pembersih wajah, baik dari kotoran maupun makeup.

Pengaplikasiannya pun sangat mudah, hanya dengan melarutkan sari lemon pada air, kemudian digunakan untuk mencuci wajah.

  1. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang besar biasanya akan rentan muncul komedo, dan pada akhirnya akan menyebabkan jerawat. Dalam hal ini kandungan antioksidan dalam sari lemon akan membantu mengecilkan pori-pori. Untuk pengaplikasiannya, oleskan sari lemon pada wajah yang telah didinginkan dalam lemari es, tunggu selama 30 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

Cara Membuat Sari Lemon Yang Benar

Bagaimana khasiat sari lemon sangat banyak bukan? Untuk mengaplikasikan sari lemon sebagai perawatan alami caranya adalah:

  • Siapkan 1 buah lemon
  • Belah menjadi dua bagian, lalu peras airnya
  • Kemudian gunakan, air perasan tersebut untuk masker, dengan cara mengoleskan secara merata di seluruh wajah.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah hingga bersih
  • Sebagai tambahan, jika ingin menghilangkan flek hitam, caranya adalah oleskan sari lemon ke bagian wajah yang terdapat flek hitam sebelum tidur, diamkan semalaman, lalu cuci pagi harinya ketika bangun tidur.

Untuk hasil yang maksimal, tentunya lakukan treatment alami untuk wajah ini secara rutin, setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Waktu Yang Tepat Mengonsumsi Air Lemon

Lalu bagaimana cara mengambil manfaat sari lemon untuk kesehatan? Ada yang menyarankan bagus meminum sari lemon di pagi hari, dan ada juga yang mengatakan bahwa minum air lemon di malam hari lebih baik. Dengan demikian, pertanyaan pentingnya adalah sari lemon baik diminum malam hari menjelang tidur atau pagi hari setelah bangun tidur?

Ahli gizi Geeta Sidhu-Robb menyatakan sebenarnya baik minum air lemon di pagi atau malam hari memiliki manfaat masing-masing. Dimana bila diminum di pagi hari dapat dijadikan sebagai morning drink yang sempurna.

Sebab di pagi hari, biasanya seseorang akan melakukan buang air besar dari makanan yang diasup kemarin harinya. Nah, manfaat minum lemon di pagi hari adalah untuk membantu sistem pencernaan dalam menghilangkan limbah dari tubuh.

Lebih dari itu, perlu diketahui bahwa hanya dengan BAB saja ternyata tak semua kotoran hilang dalam usus. Dimana jika kotoran ini dibiarkan begitu saja, maka akan mengalami penumpukan yang menyebabkan penyakit kronis pada usus. Sehingga peran meminum sari lemon di pagi hari adalah, selain melancarkan BAB juga menghilangkan seluruh kotoran dalam usus. Tentu pencernaan akan lebih sehat bukan?

Tak hanya itu saja, minum lemon di pagi hari juga akan membantu agar tubuh tetap terhidrasi. Ya, seperti yang telah diketahui, setelah semalaman tidur biasanya tubuh akan mengalami dehidrasi. Dengan begitu, kandungan vitamin C ini akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Lebih dari itu, sari lemon juga akan membantu menyeimbangkan kembali nutrisi, vitamin serta mineral dalam tubuh.

Lalu apa manfaat minum lemon di pagi hari? Sama halnya minum lemon di pagi hari, jika minum di malam hari juga memiliki manfaat yang baik pada kesehatan. Dimana biasanya ketika tubuh sedang istirahat atau tidur, tubuh akan melakukan metabolisme, dengan demikian sari lemon ini akan berperan membantu meningkatkan metabolisme.

Selain itu, ketika tubuh sedang istirahat, biasanya akan melakukan detoksifikasi atau proses menghilangkan racun. Nah, sari lemon ini juga dapat ikut berperan menghilangkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh setelah melakukan aktivitas seharian, baik yang berasal dari polusi, atau makanan yang diasup ke dalam tubuh.

Bahkan minum sari lemon di malam hari juga akan membantu memperbaiki sendi dan otot, serta merelaksasikan tubuh. Dan imbasnya adalah tidur akan menjadi nyenyak.

Bagaimana, pilih minum sari lemon di pagi hari atau malam hari?

Aturan Mengonsumsi Sari Lemon

Setelah bingung memilih minum di malam atau pagi hari, lalu bagaimana untuk mendapatkan keduanya? Daripada bingung memilih kapan waktu yang tepat, sebaiknya minum sari lemon dalam dua waktu tersebut. Tentunya dengan aturan:

  • ½ buah lemon dengan 1 gelas air putih di pagi hari
  • Dan ½ buah lemon dengan 1 gelas air putih di malam hari

Bagaimana jika Anda memiliki riwayat asam lambung? Bagi Anda penderita asal lambung, tetap bisa mengonsumsi sari lemon ini, dengan catatan ketika minum di pagi hari, pastikan Anda sarapan terlebih dahulu, begitu juga ketika di malam hari.

Perhatian untuk seluruh pengguna, baik yang memiliki asam lambung atau tidak, untuk penggunaan pertama sebaiknya minum 1 gelas per hari terlebih dahulu, baru setelah 1 minggu menjalankan, bisa 2 gelas per hari. Tujuannya agar lambung bisa menyesuaikan dengan keasaman lemon.

Sari lemon ini juga sangat cocok untuk program diet, dimana kandungan vitamin C-nya mampu membakar lemak dalam tubuh. Adapun aturan pakai untuk program diet yaitu:

Minggu pertama

  • Day 1, 2 buah
  • Day 2, 4 buah
  • Day 3, 6 buah
  • Day 4, 10 buah
  • Day 5, 14 buah
  • Day 6, 16 buah
  • Day 7, 20 buah.

Minggu kedua, kebalikan dari minggu pertama. Yakni dimulai dari hari ke 8 sebanyak 20 buah, hingga hari ke 14 sebanyak 2 buah.

Jika Anda rutin melakukan terapi alami menggunakan sari lemon, baik untuk kesehatan, kecantikan atau program diet, maka tubuh Anda akan selalu dalam keadaan sehat.

Sumber : Lemona

Leave a comment